Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 6 SD Halaman 161 162, Aku Cinta Membaca, ASEAN Menjawab Kebutuhan Hidup Bertetangga

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 161 162, Aku Cinta Membaca, ASEAN Menjawab Kebutuhan Hidup Bertetangga
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 161 162, Aku Cinta Membaca, ASEAN Menjawab Kebutuhan Hidup Bertetangga

HALO BELAJAR – Nah adik-adik, berikut disajikan kunci jawaban untuk pembelajaran 3, subtema 4, tema 1, khususnya bagi adik-adik kelas 6 SD/MI.

Pembahasan kunci jawaban ini berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018, Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup, Subtema 4 Aku Cinta Membaca.

Untuk pembelajarannya yaitu Pembelajaran 3 yang mulai dari halaman 161 sampai 162.

Kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu adik-adik dalam mempelajari Tema 1. Bagi orang tua dan guru juga berguna untuk mengoreksi jawaban siswa.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 163 164, Aku Cinta Membaca, ASEAN, Organisasi Regional Asia Tenggara

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 159 160, Aku Cinta Membaca, Asal Mula Asap Gunung Canlaon

ASEAN Menjawab Kebutuhan Hidup Bertetangga

Kamu pasti pernah merasakan nyamannya hidup bertetangga ketika semua keluarga saling mendukung, saling membantu, serta bekerja sama dalam menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan. Kenyamanan dalam bertetangga perlu diwujudkan karena tiap keluarga memiliki kepentingan yang sama.

Hal itu juga yang mendasari terbentuknya ASEAN, sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Persamaan letak geografis, kemiripan budaya, serta adanya kepentingan yang sama dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan kawasan menjadi dasar pertimbangan para tokoh-tokoh dunia pendiri ASEAN. Pada tahun 1967 ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok.

Saat itu, tokoh-tokoh dari lima negara yang terlibat dalam diskusi menjadi pencetus dan pendiri organisasi ini.

Lima negara yang menjadi anggota pertama ASEAN di tahun 1967 adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Para utusan dari kelima negara tersebut, yang sekaligus merupakan tokoh-tokoh pendiri ASEAN, adalah Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura), dan Narciso Ramos (Filipina).

Pos terkait