Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 162, Aku Cinta Membaca: Kertas, Penemuan Sederhana yang Kaya Manfaat

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 162, Aku Cinta Membaca: Kertas, Penemuan Sederhana yang Kaya Manfaat
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 162, Aku Cinta Membaca: Kertas, Penemuan Sederhana yang Kaya Manfaat

HALO BELAJAR – Kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 SD/MI di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Tema 3 berjudul Tokoh dan Penemuan. Pertemuan 4 dimulai dari halaman 162.

Pada pertemuan 4 ini, materi yang dibahas antara lain ‘Kerja Bakti di Kebun Kelas’. Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018.

Berikut penjabaran kunci jawaban Tema 3, Aku Cinta Membaca: ‘Kertas, Penemuan Sederhana yang Kaya Manfaat’ untuk adik-adik Kelas 6 SD/MI.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 163 164, Aku Cinta Membaca: Ibu Puni, Membawa Listrik ke Pedalaman
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 160 161, Aku Cinta Membaca: Mari Menghargai Waktu

Kertas, Penemuan Sederhana yang Kaya Manfaat

Oleh: Aiko Humaira

Kertas adalah suatu bahan yang tipis dan rata, dan terbuat dari pulp. Pulp sendiri merupakan bahan baku kertas yang merupakan hasil pemisahan serat. Kertas berasal dari Cina Kuno, dan fungsi utamanya dulu adalah untuk membersihkan kotoran setelah buang air. Dulu, hanya orang kaya yang mampu membeli kertas. Berapa beruntungnya kita karena sekarang mudah sekali mendapatkan kertas. Kertas memiliki 1001 manfaat. Untuk menulis, mencetak, membuat prakarya, dan kertas juga bahan utama dari tisu yang manfaat utamanya adalah untuk membersihkan.

Coba, bayangkan sebuah dunia tanpa kertas. Jika ingin menulis cerita, atau membuat PR, harus mencari batu besar dulu, dan harus susah payah menulis dengan batu lain. Kita tidak dapat membuat kartu ucapan untuk ulang tahun ayah, atau mainan pesawat untuk teman dekat kita. Kita juga tidak akan dapat melukis imajinasi yang muncul di benak kita, atau pemandangan yang kita lihat dengan mata kita sendiri. Kita tidak akan mampu mencetak foto keluarga saat jalan-jalan atau foto-foto teman-teman saat perpisahan sekolah. Kita tidak akan dapat membersihkan saus yang kita tidak sengaja kita senggol saat sedang makan.

Pos terkait