Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 84 87 88, Subtema 2 Pembelajaran 3

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 84 87 89, Subtema 2 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 84 87 89, Subtema 2 Pembelajaran 3

HALO BELAJAR – Kunci jawaban berikut merupakan materi pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 80 sampai 89. Materi dan pembahasan yang diambil berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018 untuk Kelas 6 SD/MI.

Kunci jawaban berikut merujuk pada Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya, Tema 3 Tokoh dan Penemuan.

Soal yang dibahas terdapat di halaman 84, 87, dan 89. Sementara itu, materi yang dibahas berupa ‘menuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram’, ‘menulis laporan dari percobaan membuat rangkaian lampu lalu lintas’, ‘melengkapi bagan rangkaian listrik’,

Kunci jawaban ini dapat digunakan oleh adik-adik Kelas 6 SD/MI sebagai pedoman dalam mempelajari pembelajaran 3. Oleh karena itu, simkalah dengan saksama!

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 90 91 92 93 94 95 96 97, Subtema 2 Pembelajaran 4
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 71 72 73 74 76 77 78, Subtema 2 Pembelajaran 2

Baca informasi berikut untuk memperkaya pengetahuanmu tentang penemuan beberapa cabang olahraga.
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 84 87 88, Subtema 2 Pembelajaran 3
Penemuan Permainan Olahraga Sepak Bola
Sejarah olahraga sepak bola hingga saat ini masih mengundang perdebatan. Beberapa dokumen menjelaskan bahwa sepak bola lahir di masa Romawi kuno.
FIFA sebagai badan sepak bola dunia secara resmi menyatakan bahwa sepak bola lahir dari daratan Cina yaitu berawal dari permainan masyarakat Cina pada tahun 206 SM, yang dikenal sebagai tsu chu artinya “menerjang bola kulit dengan kaki”, dengan aturan menendang dan menggiring.
Bill Muray, seorang sejarahwan sepak bola berpendapat lain, permainan sepak bola telah dikenal sejak awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.
Sisi sejarah yang lain adalah di Yunani Purba yang juga mengenal sebuah permainan menggunakan bola yaitu episcuro. Bukti sejarah ini tergambar pada relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkan dengan pahanya.
Sejarah sepak bola modern dan telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak, adalah dari Inggris, yang dimainkan di sekolah-sekolah pada pertengahan abad ke-19. Tahun 1857 berdiri klub sepak bola pertama di dunia.
Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA). Badan ini yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, dan enak untuk dinikmati penonton.
Ayo Mencoba
Hari ini kamu akan mempraktikkan lari cepat sprint sebagai salah satu jenis latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Kemudian kamu juga dapat melakukan beberapa permainan sebagai variasi dari sprint. Praktikkan dengan teknik yang benar dan ingat untuk selalu bermain dengan sportif dan jujur!
Berdoalah dahulu sebelum memulai kegiatan. Lakukan peregangan dan pemanasan sebelum melakukan kegiatan inti guna menghindari cedera. Selamat mencoba!
Lari Cepat Sprint
Lari cepat atau sprint adalah semua perlombaan lari di mana peserta berlari dengan kecepatan maksimal sepanjang jarak yang harus ditempuh. yaitu jarak 100 m, 200 m, dan 400 m. Sprint bertujuan untuk melatih kecepatan. Kategori jarak yang harus ditempuh disesuaikan dengan kelompok. Perhatikan posisi tubuh saat start.
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 84 87 88, Subtema 2 Pembelajaran 3
Kamu juga dapat melakukan variasi permainan lari cepat dalam kelompok, yaitu:
a. Lomba lari berkelompok
• Buat lintasan lari dengan jarak 8-10 meter.
• Letakkan patok penanda di garis finish.
• Setelah aba-aba, anggota pertama dari tiap kelompok lari menuju patok, memutari patok, kemudian lari kembali ke garis start.
• Anggota kelompok berikutnya lari mengikuti pola yang sama.
b. Lomba Lari Estafet 4x10m
• Buat 4 lintasan lari dengan jarak setiap lintasan 10 meter.
• Letakkan patok penanda di garis finish pada setiap 10 meter.
• Setelah aba-aba, anggota pertama dengan membawa tongkat dari tiap kelompok lari menuju patok, kemudian menyerahkan tongkat pada pelari ke-2, dan seterusnya hingga pelari ke-4 (terakhir).
• Penyerahan tongkat harus dilakukan secepat mungkin.
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 84 87 88, Subtema 2 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Halaman 84

Ayo Membaca

Pos terkait