Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 99 100 101 103, Subtema 2 Pembelajaran 5

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 99 100 101 103, Subtema 2 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 99 100 101 103, Subtema 2 Pembelajaran 5

HALO BELAJAR – Adik-adik, mari simak kunci jawaban Pembelajaran 5, Subtema 2, Tema 3, untuk Kelas 6 SD/MI berikut.

Kunci jawaban ini khusus untuk Kelas 6 SD/MI, dengan materi yang merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018.

Kunci jawaban di bawah ini membahas tentang pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 98 sampai 104, Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya, Tema 3 Tokoh dan Penemuan.

Soal yang dibahas terdapat pada halaman 99, 100, 101, dan 103. Adapun pembahasan materi meliputi ‘menjawab pertanyaan berdasarkan teks Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya’, ‘menjelaskan perkembangan komputer’, ‘menemukan cara yang dapat dilakukan untuk menemukan luas lingkaran’, ‘memainkan alat musik sesuai dengan interval nada’.

Kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar. Orang tua dan guru juga dapat menggunakannya untuk mengoreksi jawaban siswa.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 111, Subtema 2 Pembelajaran 6
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 90 91 92 93 94 95 96 97, Subtema 2 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Halaman 99 100

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut!
Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya Charles Babbage adalah seorang ahli Matematika. Beliau-lah penggagas utama dalam penemuan komputer. Mesin penghitung yang ia temukan (1791- 1871) adalah kalkulator otomatis pertama. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer. Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung.
Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”. Catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.
Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang dilakukan oleh Charles Babbage?
Jawaban:
Charles Babbage adalah penggagas utama dalam penemuan komputer.
2. Apa dampak penemuannya bagi dunia?
Jawaban:
Dampak penemuan Chales Babbage bagi dunia adalah menekan kemungkinan kesalahan menghitung saat itu serta memberi gagasan kepada penemu lain untuk mengembangkan komputer hingga menjadi komputer seperti sekarang ini.
3. Apakah kamu merasakan manfaat komputer saat ini? Manfaat apa yang kamu rasakan?
Jawaban:
Ya tentu saja saya sangat merasakan manfaat komputer, Dengan adanya komputer dapat mencari ilmu lebih luas lagi, mempermudah ketika menyusun tulisan, mengerjakan tugas menjadi lebih mudah.
Charles  Babbage mengubah dunia dengan komputer. Mesin hitung ini bermanfaat untuk mengurangi kesalahan menghitung. Komputer yang ia temukan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Tahukah kamu bagaimana perkembangan komputer saat ini?
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 99 100 101 103, Subtema 2 Pembelajaran 5
Bagaimana perkembangan komputer? Jelaskan jawabanmu!
Jawaban:
Komputer pada awalnya hanya berupa alat untuk menghitung, kemudian berkembang menjadi komputer listrik, lalu komputer dengan mouse serta keyboardnya, kemudian home computer murah, lalu komputer dengan akses jaringan internet, hingga menjadi komputer multifungsi seperti sekarang.
Mengapa komputer terus berkembang?
Jawaban:
Komputer terus berkembang karena mengikuti perkembangan kebutuhan manusia yang semakin banyak dan beragam.
Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia?
Jawaban:
Dampak perkembangan komputer bagii manusia adalah memudahkan beberapa pekerjaan manusia seperti mengetik, mencari sesuatu di internet, sebagai alat transaksi, menyimpan dokumen-dokumen penting, dan sebagainya.
Apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan?
Jawaban:
Jika komputer tidak ditemukan mungkin pekerjaan manusia tidak semudah ketika ada komputer karena pekerjaan dilakukan secara manual. Sehingga, kemungkinan terjadinya kesalahan pekerjaan lebih besar.
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang pendidikan?
Jawaban:
Dampak komputer dalam bidang pendidikan antara lain memudahkan kegiatan belajar siswa, mengerjakan tugas sekolah menjadi lebih mudah, dan membantu guru melaksanakan tugasnya sebagai pengajar.
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang iptek?
Jawaban:
Dampak ditemukannya komputer dalam bidang iptek antara lain iptek akan terus mengalami perkembangan. Dengan adanya komputer banyak teknologi baru yang dapat ditemukan.
Chales Babbage melakukan penelitian untuk menemukan komputer. Ia melakukan percobaan terus-menerus. Sekarang dengan meniru sikap para penemu, lakukan percobaan untuk menemukan luas lingkaran dengan cara yang berbeda.

Kunci Jawaban Halaman 101

Ayo Mencoba

Pos terkait