Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 133 134 137 Pembelajaran 5 Subtema 3 Tematik

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 133 134 137 Pembelajaran 5 Subtema 3 Tematik
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 133 134 137 Pembelajaran 5 Subtema 3 Tematik

Penebangan pohon-pohon di hutan jelas akan merusak ekosistem hutan dan menghilangkan fungsi tumbuhan sebagai penahan air dan penghasil oksigen. Pembakaran hutan berakibat terbunuhnya berbagai jenis organisme hutan yang mempunyai peran untuk mempertahankan keseimbangan ekosistem. Demikian halnya dengan perburuan hewan hutan secara sembarangan serta penangkapan berbagai satwa langka dan dilindungi. Tindakan-tindakan ini berakibat pada terganggunya rantai makanan dan jaring-jaring makanan, serta punahnya beberapa jenis satwa.

Kegiatan pertanian intensif yang menginginkan hasil panen dalam jumlah besar pada waktu yang singkat menyebabkan terjadinya pemakaian pupuk buatan secara berlebihan. Pada saat yang sama, pengendalian hama pun dilakukan dengan menggunakan zat-zat kimia berbahaya. Kedua kegiatan ini akan merusak tanah tempat sumber makanan dan tempat tinggal berbagai jenis organisme. Penggunaan insektisida buatan juga akan membunuh hewan-hewan selain hama yang memengaruhi keseimbangan ekosistem. Kegiatan lain manusia yang menimbulkan dampak sangat besar adalah kebiasaan membuang sampah dan limbah berbahaya secara sembarangan. Kegiatan ini akan menimbulkanpencemaran lingkungan yang berakibat fatal bagi komponen-komponen ekosistem yang tinggal di dalamnya. Tidak hanya itu, berbagai jenis kegiatan manusia dapat menimbulkan pencemaran air, tanah, udara, bahkan bunyi. Semuanya menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem. (Sumber: MCGraw-Hill. Science. 2010)

Ayo Berkreasi

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah peta pikiran yang memuat pokok pikiran dan informasi penting pada setiap paragraf.

Jawaban:

Lalu, buatlah kesimpulan bacaan pada tempat yang tersedia.

Jawaban:

Kesimpulan: Keseimbangan lingkungan dapat terwujud jika antara komponen biotik dan abiotik saling selaras. Faktor terganggunya keseimbangan ekosistem yaitu faktor alami seperti bencana alam dan faktor manusia seperti kerusakan hutan, perburuan liar, serta pencemaran lingkungan.

Berdasarkan peta pikiranmu, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!

Pos terkait