Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 142 dan 143, Aku Cinta Membaca, Mengharumkan Nama Bangsa

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 142 dan 143, Aku Cinta Membaca, Mengharumkan Nama Bangsa
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 142 dan 143, Aku Cinta Membaca, Mengharumkan Nama Bangsa

Jika kita tidak menyaring budaya barat tersebut, otomatis kita akan menyerap berbagai sifat, perilaku, dan budaya barat tersebut. Yang lebih membahayakan kita dapat mencampurkan budaya kita dengan budaya mereka.

4. Membela bangsa Indonesia tercinta. Negara Indonesia mengalami krisis di beberapa bidang seperti SARA dan penurunan kualitas hidup. Kita harus membantu negara untuk bangkit dari krisis SARA. Kita jangan menyalahkan segelintir orang. Akan tetapi, kita memiliki tanggung jawab terhadap segala peristiwa yang terjadi di Indonesia.

Mari Bercerita

Apa bentuk tanggung jawabmu sebagai pelajar? Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia? Ceritakan di depan teman-temanmu. Kemudian, tuliskan ceritamu pada kolom berikut.
Jawaban:
Bentuk tanggung jawab saya sebagai pelajar antara lain adalah belajar yang rajin dan sungguh-sungguh. Dengan belajar yang rajin serta bersungguh-sungguh, saya bisa mendapatkan prestasi. Selain itu, saya juga harus bersikap yang baik, rendah hati, senantiasa memelihara sopan dan santun dalam kehidupan sehari-hari. Sikap tersebut dapat membuat saya menjadi pelajar yang teladan. Selain itu, sebagai pelajar saya juga harus bisa menjaga kultur budaya bangsa. Bangsa Indonesia kental dengan sifat ketimurannya. Adat dan budaya ketimuran tersebut harus terpelihara meskipun banyak pengaruh budaya luar yang masuk. Saya harus mampu menyaringnya dan memilah mana yang baik dan buruk.  Sebagai pelajar, saya juga harus membela bangsa Indonesia tercinta. Negara Indonesia mengalami krisis di beberapa bidang seperti SARA dan penurunan kualitas hidup. Kita harus membantu negara untuk bangkit dari krisis SARA. Kita jangan menyalahkan segelintir orang. Akan tetapi, kita memiliki tanggung jawab terhadap segala peristiwa yang terjadi di Indonesia.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Pos terkait