Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 51 52 53 55, Subtema 2 Pembelajaran 1

  • Whatsapp
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 42 47, Subtema 1 Pembelajaran 6
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 42 47, Subtema 1 Pembelajaran 6

HALO BELAJAR – Simak di bawah ini kunci jawaban Tema 7 Kelas 4 SD/MI halaman 51, 52, 53, dan 55, Pembelajaran 1.

Pembelajaran 1 yang mulai dari halaman 49 sampai 56, merupakan materi Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku, Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku.

Buku Tema 7 Kelas 4 yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Kunci jawaban Tema 7 Kelas 4 di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 57 59 60 61, Subtema 2 Pembelajaran 2

Ayo Membaca

Urang Kanekes, Si Suku Baduy

Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat. Provinsi Banten memiliki kekayaan alam dengan pemandangan indah, termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 m dari permukaan air laut, tinggal masyarakat adat yang biasa kita sebut suku Baduy. Namun, masyarakat suku Baduy lebih senang menyebut diri mereka urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang.

Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy Luar.

Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam tinggal di tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut kepercayaan tradisional “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh seorang Pu’un. Pu’un juga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.

Pos terkait