Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 51 52 53 55, Subtema 2 Pembelajaran 1

  • Whatsapp
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 42 47, Subtema 1 Pembelajaran 6
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 42 47, Subtema 1 Pembelajaran 6

Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan pakaian modern. Namun, masyarakat Baduy Luar masih bisa dikenali dari ciri khas mereka, yaitu mengenakan ikat kepala berwarna hitam

Kunci Jawaban Halaman 51 52

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Urang Kanekes, Si Suku Baduy”.
1. Adakah kesamaan cara hidup suku bangsa Baduy dengan suku bangsamu? Jika ada, dalam hal apa? Jika berbeda, apa perbedaannya?

Jawaban:

Persamaannya adalah Suku Baduy Luar sudah menggunakan teknologi dan alat elektronik. Perbedaannya adalah suku bangsa Baduy Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi.

Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri. Sementara suku bangsa yang lain tradisi sudah banyak yang ditinggalkan.

2. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

Jawaban:

3. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Urang Kanekes, Suku Baduy”.

Jawaban:

Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan?

Dari teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy”, kamu mengetahui budaya suku Baduy. Adakah kesamaan budaya suku Baduy dengan budaya suku bangsamu?

Budaya setiap suku bangsa mungkin memiliki beberapa persamaan dan mungkin pula memiliki perbedaan. Jika kita amati lagi dari teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy”, ada sedikit perbedaan budaya suku Baduy Luar dan suku Baduy Dalam Masyarakat suku Baduy Luar sudah biasa menggunakan alat elektronik. Sebaliknya, masyarakat suku Baduy Dalam tidak boleh menggunakan alat elektronik.

Pos terkait