Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 51 52 53 55, Subtema 2 Pembelajaran 1

  • Whatsapp
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 42 47, Subtema 1 Pembelajaran 6
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 42 47, Subtema 1 Pembelajaran 6

Ketika penggaris plastik bermuatan negatif didekatkan pada potonganpotongan kertas, muatan negatif pada kertas menjauhi penggaris. Sisi kertas yang dekat penggaris menjadi bermuatan positif, sehingga potongan-potongan kertas akan tertarik oleh penggaris plastik.

Tarik-menarik antara muatan pada penggaris plastik dan potongan kertas ini merupakan salah satu bentuk gaya listrik.

Ayo Membaca

Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama potongan kertas menempel pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik.

Setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri. Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik.

Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar.

Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

Kunci Jawaban Halaman 55

Tugas

1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.

Jawaban

Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir (diam) dan perpindahan arusnya terbatas.
Listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalir.

2. Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis. Contoh Gejala Listrik Statis Pada Pembelajaran 2, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

Jawaban

Pos terkait