Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73 75 78 79 80 81 82 83 84, Subtema 2 Pembelajaran 2

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73 75 78 79 80 81 82 83 84, Subtema 2 Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 73 75 78 79 80 81 82 83 84, Subtema 2 Pembelajaran 2. (Buku Tematik K13)

Jaka Tarub yang penasaran tidak menanyakan tetapi langsung membuka tutup penanak nasi. Akibat tindakan ini, kesaktian Nawangwulan hilang. Sejak itu ia menanak nasi seperti umumnya wanita biasa.

Akibat hal ini, persediaan gabah di lumbung menjadi cepat habis. Ketika persediaan gabah tinggal sedikit, Nawangwulan menemukan selendangnya, yang ternyata disembunyikan suaminya di dalam lumbung agar ia tidak bisa kembali ke kahyangan.

Nawangwulan yang marah mengetahui kalau suaminya yang telah mencuri benda tersebut mengancam meninggalkan Jaka Tarub. Jaka Tarub memohon istrinya untuk tidak kembali ke kahyangan. Namun tekad Nawangwulan sudah bulat. Nawangwulan pun terbang menuju kahyangan tempat asalnya.

Hanya saja, pada waktu-waktu tertentu ia rela datang ke bumi untuk menyusui bayi Nawangsih. Hanya saja saat Nawangwulan menemui Nawangsih Jaka Tarub tidak boleh bersama Nawangsih.

Sebutkan tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita yang telah kamu tulis!

Jawaban: Tokoh protagonis dalam legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari adalah Nawangwulan.

Kunci Jawaban Halaman 81 – 82

Ayo Berlatih

Kamu telah mengenal tentang gaya. Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. Ayo ingat kembali, apa saja macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda? Tuliskan dalam kotak di bawah ini.

Jawaban:

Macam Pengaruh Gaya Terhadap Gerakan Benda:
1. Gaya dapat menggerakkan benda diam.
2. Gaya dapat membuat benda bergerak menjadi diam.
3. Gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda.
4. Gaya dapat mengubah arah gerak benda.

Setelah menuliskan pengaruh gaya terhadap benda, lakukan kegiatan berikut.

1. Carilah gambar peristiwa gerakan benda, misalnya seorang bapak sedang mendorong mobil, motor, dan gerobak, anak sedang memantulkan bola, dan anak sedang mengayuh sepeda.

2. Tempelkan gambar yang telah kamu peroleh pada kotak dalam tabel berikut. Berilah keterangan mengenai pengaruh gaya terhadap gerakan bendanya.

Pos terkait