Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125 126 128 129, Subtema 3 Pembelajaran 5

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125 126 128 129, Subtema 3 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125 126 128 129, Subtema 3 Pembelajaran 5

Tujuan Percobaan: Mengidentifikasi tingkat pemboroan air

Alat dan bahan:
– 1 buah gelas (ukuran ±300 mL).
– 1 buah bak mandi/tampungan air

Langkah-langkah Percobaan:
– Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).
– Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan!
– Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.
– Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.
– Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?

Hasil Percobaan:
Ternyata gelas penuh dalam waktu sekitar setengah jam saja. Jika kebocoran air selama 24 jam maka akan ada 48 gelas air yang akan terbuang sia-sia

Kesimpulan:
Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa banyak sekali pemborosan air yang terjadi di sekitar kita. Dari jumlah air yang terbuang dapat kita ketahui tingkat pemborosan air.

Percobaan di atas telah menunjukkan pemborosan air yang sering terjadi di lingkungan rumah tangga. Dari jumlah air yang terbuang, kamu dapat memperkirakan pemborosan yang terjadi, bukan? Sekarang, apa tindakanmu untuk menghemat pemakaian air?

Ayo Membaca

Penghematan Air

Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring. Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu setiap hari?

Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi kita harus menggunakan air secara bijaksana. Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM.

Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita menggunakan air dari PDAM. Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per bulannya juga semakin besar. Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan air.

Kunci Jawaban Halaman 126

Ayo Berdiskusi

Pos terkait