Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 148 149, Subtema 3 Pembelajaran 3

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 148 149, Subtema 3 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 148 149, Subtema 3 Pembelajaran 3

Ayo Membaca

Edo selesai melihat-lihat koran, kemudian ia segera menyerahkan koran tersebut kepada ayahnya dan kembali ke halaman. Edo bergegas membersihkan halaman hingga selesai. Setelah itu, Edo mencuci kaki dan tangan, kemudian menuju ruang belajarnya.

Ia ingin melanjutkan belajar tentang materi iklan yang beberapa hari sebelumnya telah ia pelajari di sekolah. Ayo simak materi iklan yang dipelajari Edo selanjutnya.

Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu

1. Iklan pengumuman atau pemberitahuan
Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita.

2. Iklan penawaran (niaga)
Iklan penawaran (niaga) yaitu iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang.

3. Iklan layanan masyarakat
Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain.

Kunci Jawaban Halaman 142

Ayo Berlatih

Amatilah iklan yang terdapat dalam sebuah majalah berikut ini.

Jenis iklan apakah pada gambar di atas? Apa informasi penting dalam iklan tersebut? Tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban:

Iklan tersebut termasuk iklan layanan masyarakat. Informasi-informasi penting yang terdapat dalam iklan. adalah mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan.. Masyarakat juga dihimbau untuk hindari sesuatu yang dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan.

Iklan di atas, memberitahukan kepada masyarakat bahwa menjaga persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlanjutan pembangunan. Oleh karena itu, hindari perbuatan yang dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan.

Dalam kehidupan sehari-hari terapkan sikap dan perilaku untuk saling toleransi antarsesama, saling menghargai, tidak menang sendiri, menghormati orang lain, dan selalu rukun. Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika tidak ada persatuan dan kesatuan dalam masyarakat? Tentu akan terjadi perpecahan yang menyebabkan kehidupan terganggu dan tidak nyaman.

Kunci Jawaban Halaman 143

Ayo Berdiskusi

Pos terkait