Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 148 149, Subtema 3 Pembelajaran 3

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 148 149, Subtema 3 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 139 142 143 145 146 148 149, Subtema 3 Pembelajaran 3

– Mengolok-olok teman
Mengolok-olok atau mengejek teman merupakan perbuatan yang tidak terpuji. mengolok-olok akan melukai perasaan dan hati teman sekolah. Mengolok-olok teman menandakan tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan yang tecermin dari seorang peserta didik.

– Terjadi tawuran
Tawuran biasanya berawal dari mengolok-olok teman. Akibat dari olokolok berlanjut menjadi pertikaian fisik. Pertikaian fisik menjadi semakin serius dan dapat membuat orang lain turut merasa terluka. Tawuran dapat terjadi antarsekolah. Tawuran menandakan tidak adanya persatuan dan kesatuan.

3. Di lingkungan masyarakat

– Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan yang dialami oleh orang lain
– Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih diutamakan dalam masyaraka
– Tidak adanya kerja sama yang terjalin antarwarga masyarakat

4. Di lingkup negara

– Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam bermasyarakat
Kehidupan sosial atau bermasyarakat membutuhkan banyak hal untuk dijalani dan dipatuhi. Misalnya, harus adanya saling toleransi dan tenggang rasa agar hubungan antarwarga masyarakat dapat dipertahankan dengan baik. Namun, tanpa adanya rasa persatuan, tenggang rasa dan toleransi mustahil dapat bertahan.

– Perpecahan bangsa
Karena setiap individu merasa memiliki kepentingannya sendiri dan semakin tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka dapat menimbulkan perpecahan bangsa. Setiap individu pasti memiliki kepentingannya sendiri. Akan tetapi, kita tidak boleh hanya mementingkan kepentingan diri sendiri. Kita juga harus memedulikan kepentingan orang lain. Apabila kita tidak memedulikan kepentingan orang lain, maka dapat menimbulkan perpecahan bangsa.

– Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa
Salah satu penyebab melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa karena rakyat yang tidak bersatu. Ketika rakyat tidak lagi bersatu, serangan dari luar akan dengan mudah masuk ke tanah air. Serangan dari luar juga dapat memberikan pengaruh buruk bagi masyarakat.

Pos terkait