Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 152 153 154 158 160, Subtema 3 Pembelajaran 4

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 152 153 154 158 160, Subtema 3 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 152 153 154 158 160, Subtema 3 Pembelajaran 4

Tahukah kamu Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam?. Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki budaya masing-masing. Keanekaragaman budaya juga merupakan suatu kekayaan yang unik dan tidak dimiliki oleh negara lain.

Kekayaan alam yang melimpah dan budaya yang beraneka ragam, memengaruhi mata pencaharian masyarakat Indonesia. Beragamnya budaya membuat mata pencaharian masyarakat Indonesia juga beraneka ragam.

Kita harus selalu menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar dan di Indonesia pada umumnya. Caranya, antara lain sebagai berikut.

– Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain. Apa pun pekerjaan orang lain, kita tidak boleh merendahkan.

– Menghormati orang yang sedang bekerja. Misalnya, saat sedang memasuki gerbang sekolah, kebetulan ada tukang kebun yang sedang membersihkan halaman. Sebaiknya menyapa atau setidaknya menganggukkan kepala.

– Menghargai pekerjaan orang lain. Misalnya, dengan ibu penjaga kantin sekolah, pedagang kaki lima, pemulung, dan lain sebagainya.

– Membiasakan membeli produk-produk lokal. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk menghargai mata pencaharian masyarakat.

– Membiasakan mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri. Sehingga secara tidak langsung dapat membantu menyejahterakan petani Indonesia.

Kamu telah mengetahui cara menghargai mata pencaharian masyarakat yang multi budaya untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Sekarang cobalah berdiskusi dengan temanmu tentang cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha.

Kunci Jawaban Halaman 160

Ayo Berdiskusi

Lakukanlah diskusi bersama teman-teman satu kelas dan Bapak/Ibu Guru. Tema diskusi adalah tentang cara-cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha. Tentukan siapa yang menjadi pembicara, notulen, dan moderator.

Berdiskusilah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan mengungkapkan pendapat atau pertanyaan dengan sopan dan santun.

Pos terkait