Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 82 85 86 92 93, Subtema 2 Pembelajaran 3

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 82 85 86 92 93, Subtema 2 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 82 85 86 92 93, Subtema 2 Pembelajaran 3

Banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat di lingkungan sekitar kita, misalnya jasa tata boga, jasa angkutan umum, jasa pangkas rambut, pembuat gula merah, dan usaha kepariwisataan. Sekarang coba kamu lakukan pengamatan kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat tempat tinggalmu. Identifikasilah kegiatan-kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk unggulan dari masyarakat tempat tinggalmu.

Jawaban:

Hasil Identifikasi Kegiatan-Kegiatan Masyarakat di Lingkungan Sekitar:

Kunci Jawaban Halaman 93

Ayo Berdiskusi

Banyak benda-benda bekas di sekitarmu yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Tentu saja dengan cara mendaur ulang, misalnya memanfaatkan gelas plastik bekas air mineral untuk bahan membuat bunga plastik.

Selain itu, dapat pula memanfaatkan kerang-kerang sebagai bahan membuat hiasan atau pigura, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kesemuanya itu dapat dijual di tempat wisata sebagai suvenir.

Pernahkah kamu menemukan kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan benda-benda bekas? Diskusikan bersama dua orang temanmu dengan menyebutkan benda bekas, cara pengolahan, dan cara penjualan hasil pengolahan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Jawaban:

Benda bekas yang digunakan:
Tutup Botol bekas

Cara pengolahan:
Tutup botol bekas dicuci bersih, kemudian dipilah-pilah berdasarkan ukuran dan warna. Kemudian tutup botol diberi lubang di ke-4 sisi samping secara sejajar dengan menggunakan alat solder. Kemudian tiap tutup botol disambung menyamping dengan kawat kecil atau tali plastik khusus, hingga menyambung dengan panjang sesuai kebutuhan/sesuai selera, kemudian dirangkai sehingga terbentuk keranjang sampah atau pot bunga.

Cara penjualan:
Dengan bekerja sama dengan pemilik warung/toko suvenir yang berada di daerah wisata.

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu sudah memahami semua kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan kepada teman, Bapak atau Ibu Guru terkait dengan materi yang kamu pelajari? Ayo, bertanyalah untuk kemajuan dirimu.

Pos terkait