Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 42 43 46 48 49, Subtema 1 Pembelajaran 4

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 42 43 46 48 49, Subtema 1 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 42 43 46 48 49, Subtema 1 Pembelajaran 4

Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah juga rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang bermukim di dalam wilayah itu. Senasib karena telah berhasil menjadi bangsa yang merdeka dan membentuk negara kesatuan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia juga bermakna semangat bagi para pemuda bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda. Para pemuda dari berbagai suku bangsa berikrar pada sebuah kongres pemuda tahun 1928.

Kesadaran terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa menjadi tonggak sejarah bersatunya tekad pemuda Indonesia. Para pemuda bertekad untuk Indonesia yang bersatu dan Indonesia sebagai sebuah kesatuan.

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, istilah “Persatuan Indonesia” merupakan hal yang sangat penting untuk memacu semangat perjuangan bangsa. Hal tersebut juga tercantum pada Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi: “Dan perjuangan pergerakan Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

Sumber tulisan : www.markijar.com dengan penyesuaian

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 48 dan 49

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sebangkumu jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Apa makna persatuan dan kesatuan bangsa dari bacaan tersebut?
Jawaban:
Negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia.

2. Apa makna persatuan kesatuan bangsa menurutmu sendiri?
Jawaban:
Menurut saya makna persatuan adalah utuh atau tidak terpecah belah serta rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa.

3. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa diupayakan oleh para pendiri bangsa?
Jawaban:
Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai semangat bagi para pemuda bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda. Pada masa perjuangan kemerdekaan persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting untuk memacu semangat perjuangan bangsa.

Pos terkait