Peran Matahari Bagi Kehidupan di Bumi, Tema 2 Kelas 4 SD, Subtema 1

  • Whatsapp
Peran Matahari Bagi Kehidupan di Bumi
Peran Matahari Bagi Kehidupan di Bumi

HALO BELAJAR – Adik-adik, berikut dijabarkan peran matahari sebagai sumber kehidupan di bumi. Materi ini merupakan penjabaran dari beberapa pertanyaan yang terdapat pada pembelajaran 1, Subtema 1 Sumber Energi, Tema 2 yang berjudul Selalu Berhemat Energi.

Materi merujuk pada pembahasan yang berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, untuk kelas 4 SD/MI.

Nah, simaklah penjelasan mengenai peran matahari sebagai sumber kehidupan di bumi berikut dengan saksama!

Matahari Sumber Kehidupan di Bumi

Matahari sebagai sumber energi terbesar memancarkan panas dan cahayanya ke Bumi. Cahaya matahari menerangi Bumi sehingga kita dapat melihat semua makhluk hidup dan benda di siang hari. Panas matahari mengakibatkan adanya kehidupan di Bumi.

Berikut beberapa peran matahari bagi kehidupan di Bumi:

• Seiring dengan perputaran Bumi pada porosnya, matahari membuat terjadinya siang dan malam.

• Seiring dengan kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi, matahari mengakibatkan terjadinya 4 musim di belahan Bumi utara dan selatan yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi.

• Berperan pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung, panas, dan hujan.

• Berperan pada proses terjadinya awan hingga terjadinya hujan yang membasahi daratan hingga semua tumbuhan di darat dapat bertahan hidup. Air hujan yang tersimpan di tanah juga dimanfaatkan hewan dan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.

• Berperan pada proses fotosintesis sehingga semua tumbuhan baik di darat dan di laut dapat hidup, berkembang, dan membuat cadangan makanan untuk dikonsumsi hewan dan manusia. Panas matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang memicu terjadinya angin. Tiupan angin kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.

Pos terkait